5 Manfaat Mengonsumsi Sumsum Tulang Sapi
BERITA KESEHATAN

5 Manfaat Mengonsumsi Sumsum Tulang Sapi

Berikut ini 5 Manfaat Mengonsumsi Sumsum Tulang Sapi :

AGEN POKER – 5 Manfaat Mengonsumsi Sumsum Tulang Sapi – Sumsum tulang sapi merupakan salah satu bagian terlezat pada sapi. Biasanya sumsum tulang sapi ini disajikan dengan sup hangat atau direbus untuk membuat kaldu. Namun sekarang sudah banyak variasi penyajian sumsum tulang sapi lainnya seperti dengan dibakar maupun dipanggang.

Sebenarnya kandungan sumsum tulang sapi kebanyakan adalah lemak. Namun, ternyata lemak pada sumsum tulang ini bisa menjadi sumber hormon khusus. Selain itu, tulangnya memiliki kandungan berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, serta magnesium.

Manfaat mengonsumsi tulang sapi bagi kesehatan sejalan dengan kelezatannya yang tiada tara. Namun jangan sampai lupa diri dalam menikmatinya, karena semua yang berlebihan itu tidak baik. Tetap kontrol nafsu makanmu agar kesehatan selalu terjaga.

1. Menyehatkan Tulang dan Sendi

5 Manfaat Mengonsumsi Sumsum Tulang Sapi
Sistem tulang (sumber: iStockphoto)

5 Manfaat Mengonsumsi Sumsum Tulang Sapi – Kandungan kolagen dan glukosamin yang dimiliki oleh sumsum tulang sapi sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan sendi. Mengonsumsinya bisa mencegah berbagai penyakit yang terjadi pada tulang dan persendian seperti osteoarthritis yang biasanya dilami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia.

Manfaat ini didapatkan karena kolagen dan glukosamin bertanggung jawab dalam memperbaiki kerusakan pada persendian dan menjaganya agar tetap lenutr dan kuat. Jadi dalam rangka menjaga kesehatan tulang dan sendi, kamu bisa mengonsumsi makanan ini dengan teratur. PIANOQQ

2. Menghambat Proses Penuaan

5 Manfaat Mengonsumsi Sumsum Tulang Sapi
wajah terlihat awet muda / Image: Unsplash

Manfaat sumsum tulang sapi untuk menghambat proses penuaan ini terkait dengan kandungan gelatin yang dimilikinya. Kandungan gelatin ini merupakan pemicu terbentuknya kolagen di dalam tubuh. Kolagen yang telah terbentuk ini bisa membuat kulit agar tetap lembut, cerah, dan kencang.

Jadi kulit akan tetap terlihat awet muda dengan mengonsumsi sumsum tulang sapi ini. Garis-garis halus di wajah, kulit keriput, maupun kulit kering dapat dihindari dengan makanan lezat ini.

3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Putih

5 Manfaat Mengonsumsi Sumsum Tulang Sapi
Meningkatkan sel darah putih (Sumber: iStockphoto)

Sel darah putih memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga daya tahan tubuh dalam melawan berbagai jenis penyakit. Dengan mengonsumsi sumsum tulang sapi, maka seseorang akan mendapatkan peningkatan sel darah putih di dalam tubuhnya.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan senyawa yang bernama alkilgliserol atau AKG pada sumsum tulang sapi yang memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan sel darah putih yang terdapat pada tubuh seseorang. Oleh karena itu, orang-orang yang sedang sakit di rumah sakit sering dianjurkan untuk mengonsumsi sup kaldu yang ada sumsum tulang sapi.

4. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Kandungan gelatin yang dimiliki oleh sumsum tulang sapi tidak hanya bermanfaat untuk menghambat proses penuaan, namun juga dapat melancarkan pencernaan. Gelatin merupakan protein khusus yang sangat penting manfaatnya untuk sistem pencernaan. PIANOQQ LOUNGE

Dengan mengonsumsi sumsum tulang sapi, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat bagi sistem pencernaan seperti meningkatkan kadar bakteri baik di usus, meredakan berbagai macam peradangan pada sistem pencernaan, dan memperbaiki kerusakan pada saluran pencernaan.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Dalam hal mengurangi risiko diabetes ini, kamu perlu memperhatikan porsi sumsum tulang sapi yang kamu makan. Hal ini berkaitan juga dengan kandungan lemak yang sangat banyak di dalam sumsum tulang sapi.

Kandungan adiponektin dalam sumsum tulang sapi merupakan faktor penting yang menjadikan sumsum tulang sapi bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes. Adiponektin ini berkaitan dengan kefektifan hormon insulin dalam bekerja dalam mengontrol kadar gula dalam tubuh. Dengan begitu, maka penyakit diabetes yang disebabkan melonjaknya kadar gula dalam tubuh dapat diatasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *